Rabu, 25 April 2012

Ujian Praktek Tingkat Sekolah Dasar (SD)



Pada tahun ini, anak saya duduk di kelas VI. Begitu pendek waktu yang harus ditempuh di kelas ini. Rasanya baru saja UAS semester I berakhir, jadwal ujian praktek, ujian sekolah dan ujian nasional sudah dibagikan. Ada beberapa mata pelajaran yang diujikan dalam bentuk praktek, yaitu: seingat saya...Olah Raga (OR), IPA, Bahasa Indonesia (BIN), Bahasa Inggris (BIG), Komputer, Kesenian, Ketrampilan, Agama.

Konon katanya,.. biar anak tetap tenang kita hendaknya selalu membantu menyiapkan penguasaan materi yang diujikan. Eh, Ini ada bocoran materinya,..siapa tahu sama untuk tahun-tahun berikutnya.. Untuk materi OR meliputi renang, senam kreasi sendiri, lari. Untuk senam, di semester I sudah ada pemberitahuan, sehingga sudah bisa berlatih jauh-jauh hari sebelumnya. Materi IPA adalah membuat daftar hewan minimal 50 jenis beserta penggolongannya. Materi BIN meliputi pidato dan puisi, dari bikin sampe penyampaiannya. Materi BIG meliputi pembuatan bacaan dan pertanyaannya. Materi komputer meliputi penggunaan aplikasi Microsoft Word sampai proses cetak. Untuk materi kesenian dibagi 2, (1) Seni Musik meliputi menyanyikan lagu wajib nasional dan daerah serta memainkan pianika. (2) Seni Rupa meliputi menggambar dan pewarnaannya. Materi ketrampilan meliputi aplikasi sulam. Materi Agama meliputi hafalan surat, sholat, dan Zikir. Mereka akan diminta untuk menghafalkan salah satu surat yang dipelajari. Surat-surat tersebut adalah: 1. Al-Alaq (1-5) 2. Ad-Dhuha 3. Al-Zalzalah 4. Al-Humazah 5. Al-Lahab 6. Al-Maun 7. An-Nashr 8. At-Tin 9. Al-Quraisy 10. Al-Fil 11. Al-Qadar 12. Al-Kafirun 13. Al-Baqarah (1-5) 14. Al-Qariah 15. Al-Insyirah

Besar harapan untuk mendapatkan hasil yang maksimal melalui persiapan yang maksimal pula. Tidak ada salahnya kita mencari informasi-informasi yang berkaitan pada tahun-tahun sebelumnya. Menurut saya, hasil yang diperoleh tetap tergantung dari perjuangan yang bersangkutan, yaitu anak-anak kita sediri. Yang penting kita sebagai orang tua ikut selalu mendoakan dan memberikan dukungan serta mengikuti perkembangan informasi yang diperlukan agar tidak ada yang terlewat. Dalam hal ini adalah jadwal ujian-ujian  berikutnya, yaitu: Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Good luck. *)By: Yunie Sudiro.

Tidak ada komentar: