Sabtu, 20 Oktober 2012

Pilihan SMP Negeri Di Surabaya



Kali ini saya akan membagi pengalaman saya saat anak saya mau masuk SMP (Sekolah Menengah Pertama). Hal ini mengingatkan saya pada saat menghadiri undangan wali murid di sekolah Dasar (SD) ditanya oleh salah satu orang tua murid yang baru menginjak kelas 6 (enam). “ Mbak, anaknya diterima di SMP mana?” Setelah saya bilang anak saya diterima di salah satu SMPN- RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf  Internasional), malah orang tua murid tadi balik bertanya : “gimana cara memilih saat mendaftar?”. Beliau merasa bingung, tak punya bayangan besok kalau anaknya lulus harus mendaftar ke SMPN berapa? Beliau juga bilang buta sekali masalah prosedur ini. Wah...kasusnya sama donk seperti saya dulu. Apalagi saat pindah ke sekolah tersebut anak saya naik kelas 6 (enam). Nah, melalui media ini siapa tahu ada teman-teman yang mempunyai pertanyaan yang sama.

Untuk pendaftaran SMP Negeri di Surabaya ada 2 (dua) cara, yaitu jalur umum dan jalur khusus. Jalur khusus meliputi prestasi, mitra warga, inklusif dan satu lokasi.  Semua pendaftaran ini melalui online yang ada jadwalnya sendiri-sendiri. Teman-teman tak perlu khawatir mengenai info jadwalnya, karena sebelum pendaftaran ada beberapa kali trial yang disosialisasikan di sekolah-sekolah SD. Kebetulan anak saya melalui jalur umum. Jalur inipun ada 2  (dua) jenis seleksi, yaitu RSBI dan Regular.

Untuk pendaftaran RSBI dijadwalkan sebelum pendaftaran regular. Jika diterima di RSBI, data base sudah dihapus dan tak bisa mendaftar di regular. Bagi yang tidak diterima di RSBI masih ada kesempatan mendaftar di regular.

Syarat mendaftar di SMPN RSBI tahun ajaran baru 2012 kemarin adalah memiliki Nilai Ujian Nasional (UNAS) rata-rata minimal 8,5, yaitu minimal jumlah nilai UNAS 25,5. Selain itu, tak boleh ada nilai dibawah 7,5 di setiap mata pelajarannya. Sekolah SMP RSBI di Surabaya diantaranya adalah SMP Negeri 1, SMP Negeri 6 dan SMP Negeri 26. Saat pendaftaran diperbolehkan memilih 2, yaitu pilihan 1 dan pilihan 2. Contoh: pilihan1 memilih SMPN 1, pilihan 2 memilih SMPN 6. Oh ya...untuk lokasinya, SMPN 1 berada di belakang Balai Kota, SMPN 6 di Jalan Jawa dan SMPN 26 di daerah Benowo.

Sedangkan untuk pendaftaran regular dapat memilih 3 pilihan, yaitu 2 pilihan dalam sub rayon dan 1 pilihan luar sub rayon. Penentuan rayon berdasarkan  masing-masing sekolah SD nya. Rayon ini terdiri dari pusat, selatan, barat, utara, timur. Hal ini bisa ditanyakan pada pihak sekolah SD nya. Misalnya, SDN Dr Soetomo 5 dan SDN Dr Soetomo 8 termasuk rayon selatan. Dan masing-masing rayon dibagi lagi ke dalam sub rayon. Para orang tua murid hendaknya tak perlu khawatir akan informasi mengenai pendaftaran sekolah negeri, karena jauh sebelum pendaftaran pihak sekolah  dimana anak-anak kita belajar biasanya melakukan sosialisasi tidak hanya sekali.


Syarat dan ketentuan pendaftaran SMPN di Surabaya bisa saja berubah setiap saat. Pengalaman saya di atas adalah pada tahun ajaran baru 2012. Untuk itu hendaknya orang tua murid selalu mengikuti informasi yang berkembang sesuai berjalannya waktu agar dapat mendukung anak-anaknya mendapatkan pendidikan yang diharapkan.*)By: Yunie Sudiro.



Tidak ada komentar: