Sabtu, 20 Oktober 2012

Pilihan SMP Negeri Di Surabaya


Teman... lama saya tak bersua di sini. Rasanya ada sesuatu yang terputus. Kangen rasanya untuk memulai lagi. Inilah saya.. suka gak konsisten masalah jadwal menulis. Dalam hati selalu saja punya pembenaran...yang repot anak-anak ulangan lah, persiapan mengajar lah, lagi repot karena ada kegiatan baru..*just info: akhir-akhir ini saya disibukkan persiapan jualan aksesoris manik-manik (dengan modal kecil...he,he..), dst...

Kali ini saya akan membagi pengalaman saya saat anak saya mau masuk SMP. Ini mengingatkan saya pada saat ke sekolah ditanya oleh salah satu orang tua murid yang baru menginjak kelas 6. “ Mbak, anaknya keterima di SMP mana?” Setelah saya bilang anak saya keterima di SMPN- RSBI, malah dia bertanya gimana cara memilih saat mendaftar. Dia bingung, tak punya bayangan besok kalo anaknya lulus harus mendaftar ke SMPN berapa? Dia bilang buta sekali masalah prosedur ini. Wah...kasusnya sama donk seperti saya dulu. Apalagi saat pindah ke sekolah Putri sudah kelas 6. Nah, melalui media ini siapa tahu ada teman-teman yang mempunyai pertanyaan yang sama.

Untuk pendaftaran SMP Negeri di Surabaya ada 2 cara, yaitu jalur umum dan jalur khusus. Jalur khusus meliputi prestasi, mitra warga, inklusif dan satu lokasi.  Semua pendaftaran ini melalui online yang ada jadwalnya sendiri-sendiri. Teman-teman tak perlu khawatir mengenai info jadwalnya, karena sebelum pendaftaran ada beberapa kali trial yang disosialisasikan di sekolah-sekolah SD. Kebetulan Putri melalui jalur umum. Jalur inipun ada 2 jenis seleksi, yaitu RSBI dan Regular.

Untuk pendaftaran RSBI dijadwalkan sebelum pendaftaran regular. Jika diterima di RSBI, data base sudah dihapus dan tak bisa mendaftar di regular. Bagi yang tidak diterima di RSBI masih ada kesempatan mendaftar di regular.

Syarat mendaftar di SMPN RSBI tahun ajaran baru 2012 kemarin adalah memiliki Nilai Ujian Nasional (UNAS) rata-rata minimal 8,5, yaitu minimal jumlah nilai UNAS 25,5. Selain itu, tak boleh ada nilai dibawah 7,5 di setiap mata pelajarannya. Sekolah SMP RSBI di Surabaya diantaranya adalah SMP Negeri 1, SMP Negeri 6 dan SMP Negeri 26. Saat pendaftaran diperbolehkan memilih 2, yaitu pilihan 1 dan pilihan 2. Contoh: pilihan1 memilih SMPN 1, pilihan 2 memilih SMPN 6. Oh ya...untuk lokasinya, SMPN 1 berada di belakang Balai Kota, SMPN 6 di Jalan Jawa dan SMPN 26 di daerah Benowo.

Sedangkan untuk pendaftaran regular dapat memilih 3 pilihan, yaitu 2 pilihan dalam sub rayon dan 1 pilihan luar sub rayon. Penentuan rayon berdasarkan  masing-masing sekolah SD nya. Rayon ini terdiri dari pusat, selatan, barat, utara, timur. Hal ini bisa ditanyakan pada pihak sekolah SD nya. Misalnya SDN Dr Soetomo 5 termasuk rayon selatan. Dan masing-masing rayon dibagi lagi ke dalam sub rayon.

Waduh...kok sudah panjang...biar gak capek bacanya pembagian rayon dan sub rayon silakan tunggu  posting saya berikutnya ya...

Tidak ada komentar: